Salah

Saya tipe orang yang ketika ditilang karena memang saya salah maka saya tidak akan bilang “Lha yang didepan itu ga pake helm kok gapapa Pak?”.

Atau saya nggak bakalan nangis-nangis atau muter-muter mencari alasan.

Ya alasan.

Bagi saya, kalau kita salah ya salah saja. Tidak perlu mencari pembenaran apalagi membenarkan alasan-alasan kita. Kalau jelas kita salah, kita melanggar, ya sudahlah. Terima konsekuensinya. Adapun tentang orang lain yang tidak kena sanksi, itu urusan mereka dengan Allah dan pihak berwenang.

Suatu ketika saya pernah menyita sandal santri karena peraturannya wajib bersepatu ketika di sekolah. Dia beralasan kalau kakinya sakit. Ketika saya minta surat keterangan sakit darinya, si santri tersebut tidak bisa menunjukkan dan justru membuat alasan lain. Ahh bocah. Apa saya dulu juga gitu pas sekolah ya?

“Kamu salah nggak?”

“Enggak ustadzah, lah yang lain juga ada yang pake sandal,” jawabnya ngotot.

“Kamu salah enggak?” saya ulangi lagi. Berharap dia mengakui kesalahannya saja.

Masih keukeuh dengan argumen tidak bersalahnya.

“Mas, kalau sampean salah ya salah saja. Akui dulu! Jangan muter-muter. Dengarkan, kalau semua hal minta dimaklumi.. Kapan belajarnya?”

Di hari ketika saya ngajar di kelas santri tersebut. Dia terlihat baik-baik saja, semoga tanpa dendam dan tanpa mengulangi kesalahannya.

Begitulah saya. Saya tipe yang.. namanya aturan ya aturan. Wajib ditaati selama tidak melanggar perintah Allah dan Rasul. Saya tipe yang nggak nerima alasan, soalnya saya juga tidak suka beralasan. Bukan berarti saya kaku dan keras, saya paham kok kalau kata Rasul berikan dulu 70 udzur kepada saudaramu dan jika tidak ada udzur lagi katakan saja – mungkin saudaraku memiliki udzur yang tidak saya tahu.

Saya manusia. Pasti punya masalah tersendiri. Hanya saja.. prinsip saya: jika kita jujur pada Allah nanti Allah pasti akan jujur pada kita. Allah pasti akan memberikan kemudahan.

kesalahan

Penulis:

Hamba Allaah. Muslimah. Physics teacher. Love crafting. Love writing. Love reading. Spread the possitive energy!

Tinggalkan komentar